Di sini, lead merupakan paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran menyeluruh suatu berita secara keseluruhan.
Lead berfungsi sama dengan intro (pembukaan) dalam musik. Lead disebut juga dengan teaser atau penggoda karena hakikatnya bagian awal dari berita itu sendiri.
Teras berita yang ideal adalah yang mengandung unsur 5W + 1H. Unsur 5 W + 1 H yang sesuai kaidah berisi what (apa), who (siapa), why (kenapa), when (kapan), where (di mana), dan how (bagaimana).
Lead berita berisi fakta-fakta yang ditemukan jurnalis di lapangan. Kemudian lead berita harus mencerminkan keseluruhan isi dari berita yang disajikan.
Rumus membuat lead berita antara lain;
- Gaya bahasa seperti apa yang akan dipakai di dalam lead itu sendiri
- Lead jenis apa yang lebih tepat dipakai dalam paragraf pertama dalam tulisan
- Kesesuaian lead akan membuat pembaca merasa tertarik untuk menyelesaikan bacaannya
- Apa yang membuat sesuatu itu menjadi lebih agar pembaca tertarik untuk membaca seluruh isi berita
Menciptakan teras berita;
- Jurnalis harus bisa mengidentifikasi siapa yang terlibat, siapa yang melakukan atau siapa yang memberikan penjelasan
- Jurnalis harus memahami fakta yang paling unik atau sesuatu yang dianggap penting atau tidak biasa dari sebuah kejadian
- Jurnalis harus mampu menggali atau mendata seluruh akurasi data yang akan disimpulkan menjadi sebuah lead dalam berita yang akan disusun berbaris-baris
(Materi ini telah disampaikan pada Program Ekskul Unggulan Jurnalistik SMA-SMK Hang Tuah Kota Batam Kepulauan Riau, Sabtu 26 November 2016 pukul 10.00-12.00 WIB)